Peristiwa

Ribuan Ikan Terdampar Sebelum Gempa, Ini Kata BMKG

sejumlah warga menangkap ikan yang terdampar di Pantai Batu Bolong, Canggu (dok)

Kabarbali.com – Pulau Bali diguncang gempa dengan kekuatan 5,8 magnitudo. Gempa yang terjadi pada pagi hari itu membuat sejumlah warga panik. Puluhan bangunan mengalami kerusakan ringan.

Sebelum gempa terjadi, sejumlah warga menemukan adanya ribuan ikan yang terdampar di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kabupaten Badung. Ikan-ikan itu terdampar di tepi pantai pada malam hari sebelum gempa terjadi.

BACA JUGA: Puluhan Bangunan Rusak Imbas Gempa 5,8 Magnitudo di Bali

Banyak yang mengaitkan antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa yang mengguncang Bali. benarkah ada kaitannya? Kepala Bada Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan menampik keterkaitan dua fenomena alam tersebut.

Menurutnya, hampir taka da kaitannya sama sekali antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa bumi yang mengguncang. “Saya kira itu fenomena alam yang tidak ada kaitannya sama sekali,” kata Taufik, Selasa 16 Juli 2019.

BACA JUGA: Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Bali, Warga Berhamburan

Kendati begitu, Taufik mengakui jika puluhan tahun lalu, tepatnya pada tahun 1975, ketika gempa mengguncang China, tingkah laku ikan menunjukkan perilaku berbeda. Mereka meloncat-loncat ke luar dari kolam. Penelitian terhadap perilaku ikan dan gempa bumi pun dilakukan.

Namun, hal itu hanya terjadi sekali dan pada gempa-gempa berikutnya ikan-ikan tak menunjukkan perilaku serupa. Oleh karenanya, Taufik memisahkan dua fenomena alam itu yang kebetulan terjadi secara berdekatan.

BACA JUGA: Komitmen Perangi Sampah Plastik, KFC Gunakan Paper Bag

“Fenomena tingkah laku ikan tidak bisa menunjukkan terjadinya suatu gempa,” katanya. Hingga kini, ia melanjutkan, belum ada alat pendeteksi canggih yang dapat memprediksi terjadinya gempa.
Para ahli hanya baru bisa menyimpulkan titik lokasi gempa lantaran berkaitan dengan pergeseran lempeng bumi yang bisa diprediksi dan diteliti. (ban)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top