Peristiwa

Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Sebelum Gempa, Ini Penyebabnya

ribuan ikan yang terdampar di pantai batu bolong, canggu (dok)

Kabarbali.com – Ribuan ikan terdampar di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kabupaten Badung, Bali kemarin malam. Saat mereka terdampar, beberapa warga asyik menangkap ikan-ikan tersebut. Namun, terdamparnya ribuan ikan itu dikaitkan dengan gempa 5,8 magnitudo yang mengguncang Bali pagi tadi.

Banyak yang mengaitkan antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa yang mengguncang Bali. Namun hal itu ditampik oleh Kepala Bada Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan. Menurutnya, hampir tak ada kaitannya sama sekali antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa bumi yang mengguncang.

BACA JUGA: Ribuan Ikan Terdampar Sebelum Gempa, Ini Kata BMKG

“Saya kira itu fenomena alam yang tidak ada kaitannya sama sekali,” kata Taufik, Selasa 16 Juli 2019. Lalu, apa penyebab ribuan ikan itu terdampar di bibir pantai?

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Suko Wardono memastikan ribuan ikan yang terdampar itu adalah jenis lemuru. Ia memastikan bahwa peristiwa terdamparnya ribuan ikan lemuru ini bukan kali ini saja terjadi. Awal Juli lalu, ikan-ikan itu juga terdampar.

BACA JUGA: Puluhan Bangunan Rusak Imbas Gempa 5,8 Magnitudo di Bali

“Dua minggu lalu juga terjadi. Sekarang ini emmang sedang musim ikan lemuru,” kata Wardono. Dijelaskan pula, sifat ikan lemuru adalah senang akan keberadaan cahaya. Dari hasil penelitiannya atas terdamparnya ribuan ikan lemuru itu di lokasi, ada warga yang menyorotkan lampu ke arah laut.

Berdasarkan naluri alamiahnya, ikan-ikan itu kemudian mencari sumber cahaya yang tak jauh dari bibir pantai. Mengenai mereka bisa sampai di bibir pantai, Wardono menduga ketika mereka berada di pinggir pantai, ikan-ikan itu terhempas ombak dan terbawa arus. “Saat ombak surut, mereka tertinggal di daratan,” jelasnya. (ban)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top