Budaya

Pentas Genjek Kolosal Spirit Kebangkitan Karangasem

pentas genjek kolosal di taman ujung karangasem (nsd)

Kabarbali.com – Memperingati momentum Sumpah Pemuda tahun 2018, Pemkab Karangasem menggelar pentas genjek kolosal yang diikuti oleh 18.012 peserta di Taman Ujung Karangasem, Minggu 28 Oktober 2018.

Peserta genjek kolosal ini melibatkan berbagai kalangan dari pelajar SLTP dan SMU, desa adat se-Kabupaten Karangasem serta masyarakat umum. Pentas genjek kolosal ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya digelar pada tahun 2016.

BACA JUGA: Tiap Tahun, 17,6 Miliar Ton Sampah Plastik Cemari Laut

Di sela kegiatan, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyatakan pagelaran ini memecahkan rekor acara serupa yang diselenggarakan dua tahun lalu.

Ia berharap pementasan genjek kolosal yang kedua ini mampu memupuk kecintaan terhadap kesenian kebanggaan Kabupaten Karangasem.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Seluruh Warga Bali Teraliri Listrik

“Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, karena diharapkan mampu memberikan semangat nasionalisme, kebhinekaan dan keberagaman di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karangasem. Selain itu, memupuk semangat kebersamaan, gotong-royong menuju Karangasem yang cerdas, bersih dan bermartabat,” ujar Mas Sumatri.

Sementara itu, Ida Bagus Oka Gunastawa salah satu tokoh masyarakat Karangasem menyatakan, di satu sisi, pementasan genjek kolosal ini dapat menjadi pemantik untuk membangkitkan semangat warga Karangasem memperkuat spirit kebangsaan.

BACA JUGA: Rancang Regulasi Energi Bersih, Gubernur Dorong Penggunaan Motor Listrik

Pada sisi lain, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkenalkan Karangasem secara luas. Oka Gunastawa melanjutkan, antusiasme warga amat tinggi mendukung kegistan ini. Hal itu tercermin dengan membludaknya warga yang ingin menyaksikan pementasan genjek kolosal ini.

Semangat kebersamaan itu, kata dia, cermin dari kebangkitan Kabupaten Karangasem.

BACA JUGA: Wagub Cok Ace Bicara Arti Penting Karya Agung Danu Kertih

“Ada banyak manfaat didapat dari pementasan genjek kolosal ini. Sebagaimana spirit yang terkandung dalam genjek kolosal ini, kita berharap masyarakat dapat meningkatkan gotong-rotong dan kerja sama untuk membantu Karangasem ke luar dari jerat kemiskinan,” ujarnya. (nsd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top