Peristiwa

KMP Trisakti Adinda Kandas di Pelabuhan Gilimanuk

kapal kandas (ilustrasi)

LKabarbali.com – KMP Trisakti Adinda kandas saat hendak merapat di Dermaga Pelabuhan Gilimanuk, Rabu malam, 13 November 2019. Kapal tersebut mengangkut 49 penumpang yang terdiri dari 46 dewasa, 3 anak-anak dan juga 15 ABK.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Hariadi Purnomo menjelaskan, dari informasi yang diterimanya, kapal tersebut kandas saat hendak berlabuh di Pelabuhan Benoa. Diduga arus deras menjadi penyebab kandasnya kapal nahas tersebut.

BACA JUGA: Kasum TNI: Komjen Idham Akan Perkuat Sinergi TNI/Polri

Basarnas Bali, Hariadi melanjutkan, menerima informasi insiden tersebut pada pukul 00.50 WITA. “KMP Trisakti Adinda dengan kapten Ana Riana mengalami kandas saat akan sandar di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk pukul 22.00 WITA,” kata Hadiradi, Kamis 14 November 2019.

KMP Trisakti Elfina yang berada di lokasi mencoba melakukan penarikan KMP Trisakti Adinda ke perairan lagi. Sayang upaya itu tak berhasil, sehingga memerlukan bantuan untuk evakuasi dari tim SAR.

BACA JUGA: Pesan Dandim Bangli ke Milenial: Jadi Petani Juga Keren!
Tim SAR sendiri menerjunkan enam personel dari Pos Pencarian dan pertolongan Jembrana segera bergerak menuju lokasi. “Sekitar pukul 01.30 WITA personel tiba di Pelabuhan Gilimanuk dan berkoordinasi bersama unsur SAR terkait, selanjutnya mengerahkan RIB untuk melakukan evakuasi,” imbuhnya.

Lima belas menit berselang, RIB sudah merapat di lambung KMP Trisakti Adinda, selanjutnya mengevakuasi seluruh penumpang. Sementara itu ABK tetap berada di kapal untuk melakukan olah gerak jika air laut pasang. Pada pukul 02.50 WITA seluruhnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, dibawa menuju Pelabuhan Gilimanuk. (ban/bob)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top