Siapa Dia

Ketua DPW NasDem Bali Aktif Berorganisasi Sejak Sekolah Dasar

Ketua DPW Partai NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa (hms)

Kabarbali.com – Anda tentu telah mengenal Ida Bagus Oka Gunastawa. Ya, dia adalah Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali. Oka Gunastawa merupakan tokoh muda yang aktif dan terbilang sukses membesarkan partai besutan Surya Paloh itu di Pulau Dewata. Meski dengan pendanaan minim, faktanya NasDem Bali tetap eksis dan menancapkan kuku politiknya dengan kuat di tanah Bali.

Rupanya, Oka Gunastawa merupakan pribadi yang tahan banting dalam berorganisasi. Sejak masih duduk di sekolah dasar caleg DPR RI nomor urut 1 dapil Bali itu sudah berkecimpung dalam organisasi. Ia mengambil peranan penting dalam organisasi yang gelutinya.

BACA JUGA: Oka Gunastawa: Jokowi Pemimpin Ideal Menjaga Indonesia

Kepada Kabarbali.com, Oka Gunastawa menceritakan perjalanan hidupnya hingga ia menjadi pribadi yang matang dalam kepemimpinan. “Saya berorganisasi sejak mengenal dunia pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA hingga kuliah,” kata Oka Gunastawa membuka perbincangan, Jumat 29 Maret 2019.

Kala masih duduk di bangku kelas 4 SD, Oka Gunastawa sudsh terlibat mengorganisir teman-temannya untuk bergerak aktif dalam kegistan berkesenian. Ya saat itu desanya, Jungutan, Kabupaten Karangasem tengah gandrung akan seni drama klasik teater.

BACA JUGA: Kader Partai Bulan Bintang Hadiri Kampanye Akbar Prabowo di Bali

“Saya mengajak adik-adik dan teman untuk berkesenian yang saat itu tengah digandrungi oleh seni drama klasik. Selain mengisi kegiatan untuk sekolah, drama klasik garapan saya juga dipakai untuk mengisi kegiatan di desa-desa saat itu. Waktu itu saya mengangkat epos cerita Mahabaratta,” kenang Oka Gunastawa.

Tak tanggung-tanggung, di usianya yg masih belia Oka Gunastawa mendirikan sanggar seni yang diberi nama Astawa Guna Putra. Sanggar seni garapan Oka Gunastawa terbilang sukses. Hampir tiap minggu ada saja permintaan mentas di daerah-daerah sekitaran Karangasem.

BACA JUGA: Bawa Peluru, Turis Asal Meksiko Diamankan di Bandara Ngurah Rai

Jiwa kepemimpinan Oka Gunastawa terus terasah. Kelas 1 SMP, meski baru enam bulan bersekolah, Oka Gunastawa tampil sebagai ketua OSIS. “Biasanya OSIS itu kelas 2. Jadi begitu saya naik kelas 2 SMP, saya maju lagi sebagai incumbent ketua OSIS dan terpilih lagi,” ujar Oka Gunastawa, seraya menambahkan jika ia juga aktif di oganisasi kepanduan Pramuka. Begitu pula ketika memasuki masa SMA, ia juga aktif di OSIS dan Pramuka.

“Tahun 1986 saya ikut Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta. Itu menjadi salah satu hal momentum penting dalam hidup saya karena bisa bertemu langsung dengan Presiden Soeharto,” ujarnya. Merefleksikan hal itu, Oka Gunastawa menyadari jika jiwa kepemimpinannya terbangun sejak lama, hingga kini ia menjadi Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali. (ban)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top