Peristiwa

Dua WNA Terjebak di Puncak Gunung Agung

Tim pencari dua wna tersesat di gunung agung (hms)

Kabarbali.com – Dua orang Warga Negara Asing (WNA) terjebak di puncak Gunung Agung. Turis mancanegara yang belum diketahui identitasnya itu nekat mendaki gunung yang masih mengalami fase erupsi tersebut. Kedua turis asing itu teepantau mendaki gunung setinggi 3.142 mdpl itu sekira pukul 03.00 WITA dinihari tadi, Sabtu 13 April 2019.

Namun hingga kini keduanya tak kunjung kembali. Pencarian pun dilakukan. Hanya saja, tim gabungan harus menunda sementara karena situasi yang tak memungkinkan.

BACA JUGA: Seribu Penari NasDem Bali Pancarkan Taksu di Kampanye Akbar Jokowi

Gede Pawana, Ketua relawan kemanusiaan Gunung Agung, Pasebaya menuturkan, pencarian terhadap keduanya ditunda karena situasi berkabut dan jarak pandang hanya lima meter. “Selain jarak pandang, getaran Gunung Agung juga masih terus terjadi. Kami menunda pencarian hingga waktu memungkinkan,” kata Pawana, Sabtu 13 April 2019.

Saat ini, Gunung Agung masih pada level III atau siaga. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

BACA JUGA: Motor Gelandang Bali United Ditinggal Pencuri di Kos-kosan

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (ban)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top