Bisnis

Dewa Putu Ananta Pimpin Hiswana Migas Bali 2018-2022

Ketua Hiswana Migas Bali 2018-2022, Dewa Putu Ananta (rik)

Kabarbali.com – Ir Dewa Putu Ananta, MBA., terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Hiswana Migas Provinsi Bali masa bakti 2018-2022. Dewa Putu Ananta terpilih dalam Musyawarah Cabang (Muscab) X DPC V/6 Hiswana Migas Bali, Kamis 25 Oktober 2018 di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar. Owner PT Dasico Group ini mengungguli satu kandidat lainnya yakni Dewi Supriani, SH.

Dewa Ananta menggantikan ketua periode sebelumnya yang dijabat Ida Bagus Rai yang menolak maju untuk kedua kalinya karena ingin memberikan ruang regenerasi kepada yang lain.

BACA JUGA: Ada Flek Hitam di Wajah? Atasi dengan ‘Miracle Yellow Laser’

Muscab dibuka Gubernur Bali yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Bali Dewa Putu Sunarta dan dihadiri juga General Manager (GM) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Ibnu Chouldum.

Pasca-terpilih, Dewa Ananta mengaku sudah punya sejumlah program prioritas jangka pendek. Salah satunya, komitmen meningkatkan profesionalisme anggotanya. Hal ini dilakukan melalui pelatihan-pelatihan hingga peningkatkan pelayanan kepada konsumen.

BACA JUGA: Ayodya Batik Festival 2018 Kembali Dihelat

Upaya ini juga sejalan dengan tema Muscab yakni “Meningkatkan Strategi Kemitraan yang Efektif dan Setara untuk Membangun Profesionalisme Kerja dalam Menjawab Tantangan Bisnis Migas ke Depan.”

“Kami ingin sampai operator SPBU juga ada pembekalan pengetahuan agar bisa meningkatkan pelayanan bagi konsumen. Mereka juga paham produk yang dijual,” imbuh penggemar otomotif ini.

BACA JUGA: Alasan Ida Bagus Rai Tak Maju Jadi Ketua Hiswana Migas Lagi

Fokus lainnya adalah bagaimana meningkatkan harmonisasi ke dalam (internal). Sehingga Hiswana Migas Bali punya gerak dan irama yang sama dan sudah tentu sejalan dengan misi dan visi Pertamina. “Jadi kita harus bisa imbangi misi Pertamina menjadi perusahaan terkemuka di dunia,” jelas pria murah senyum ini.

Pihaknya juga akan melakukan konsolidasi dan melanjutkan program kepengurusan sebelumnya untuk ditingkatkan. “Yang penting program itu sejalan dengan Pertamina. Tapi bukan berarti organisasi ini disetir,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ditahan PBFC di Kandang, Ini Kata Widodo

General Manager (GM) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Ibnu Chouldum mengingatkan anggota Hiswana Migas Bali meningkatkan profesionalisme.

“Profesionalisme ini gampang diucapkan tapi sulit dilaksanakan. Bagaimana membangun bisnis tanpa kartel. Jangan ada justifikasi karena berteman,” katanya.

BACA JUGA: Curi Point di Bali, Dejan Antonic: Kami Buat Kejutan

Dikatakannya pula, bisnis migas akan semakin terbuka. Misalnya untuk menjadi pengusaha SPBU siapapun bisa masuk. Dengan modal Rp 40 juta sudah bisa membangun SPBU. “Pertamina seluas-luasnya membuka kesempatan bermitra bisnis di sektor migas,” tegasnya.

Ditambahkan, Hiswana Migas ini satu kesatuan yang dijadikan layaknya ‘Tim Superman’ kepanjangan tangan Pertamina dalam berbagai kondisi. Termasuk juga menstabilkan pasokan gas termasuk memberikan bantuan saat bencana.

BACA JUGA: PLN Salurkan CSR Bedah Rumah, 100% Warga Jembrana Teraliri Listrik

“Jadi Hiswana Migas harus bangga menjadi mitra Pertamina. Sebab Pertamina sangat dibutuhkan masyarakat dan negara,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Bali Dewa Putu Sunarta berharap kepengurusan Hiswana Migas yang baru ini dapat mendukung dan berperan aktif mewujudkan pembangunan semesta berencana sebagai implementasi visi Nangun Sad Kertih Loka Bali.

BACA JUGA: Kontra Bali United, Pelatih PBFC: Kami Siap Curi Point

Hiswana Migas selaku organisasi pengusaha di bidang migas juga diharapkan jangan hanya bermain di hilir dan menghitung profit.

“Namun bagaimana berpartisipasi aktif membantu tata kelola niaga yang tepat dan konservasi energi, mengurangi emisi gas rumah kaca serta mendorong pemanfaatan energi bersih dan energi terbarukan,” kata Koster sebagaimana diucapkan Dewa Putu Sunarta. (rik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top