Budaya

Cara Discovery Shopping Mall Lestarikan Budaya Nusantara

pEMBUKAAN Discover Wonderdul indonesiA (ban)

Kabarbali.com – Discovery Shopping Mall menyelenggarakan Discover Wonderful Indonesia untuk memanjakan delegasi Annual Meeting IMF-World Bank. Secara resmi acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra pada Sabtu sore, 13 Oktober 2018.

General Manager Discovery Shopping Mall, Gustaf Riandory tak menampik acara yang diselenggarakan hingga 15 Oktober 2018 itu juga merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya dan kuliner Nusantara.

BACA JUGA: Pemprov Perjuangkan Dana Bagi Hasil Sektor Pariwisata

“Kita menyelenggarakan Discover Wonderful Indonesia ini untuk men-support event IMF-World Bank. Kita juga ingin melestarikan budaya dan kuliner di Indonesia melalui ajang ini,” kata Gustaf.

Sejumlah kuliner khas berbagai daerah disajikan seperti nasi uduk Betawi, sate babi, nasi campur Bali, es cendol, es daluman, bakso, nasi goring, sop ayam klaten dan menu makanan lainnya.

BACA JUGA: Jamu Persebaya, Persib ‘Minta Izin’ Bali United

“Ada 15 tenant yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia pada event ini. Kuliner yang kita sajikan seluruhnya khas dari Indonesia,” papar dia.

Ia punya alasan tersendiri Discover Wonderful Indonesia diselenggarakan. Selain kegiatan ini menjadi event serentak 120 mall di seluruh Indonesia, Discover Wonderful Indonesia dirancang untuk memperkenalkan kebudayaan Nusantara kepada wisatawan asing.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Kasur Mimpi

“Banyak tamu asing yang datang ke Indonesia ingin merasakan seperti apa budaya kita di sini. Kuliner itu kan bagian dari budaya. Melalui event ini kita tarik minat mereka. Apa saja yang menjadi ciri khas makanan dan budaya Indonesia kita sajikan,” katanya.

Untuk semakin memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia kepada wisatawan asing, Discovery Shopping Mall menyiapkan 150 hidangan khas Nusantara secara gratis kepada turis yang datang berkunjung.

BACA JUGA: Buka Store di Kuta, Bali United Ingin Jadi Destinasi Wisata

“Kita siapkan 150 hidangan gratis untuk tamu di depan agar mereka mencicipi makanan khas Indonesia. Tujuannya agar mereka tahu. Ini cara kita untuk memperkenalkan budaya Indonesia,” papar dia.

Selain menampilkan event budaya dalam bentuk tarian Nusantara dan kuliner khas berbagai daerah, salah satu event yang disajikan pada Discover Wonderful Indonesia adalah Discovery Batik Festival.

BACA JUGA: Gubernur Optimis IMF-World Bank Katrol PDRB Bali

Discovery Batik Festival merupakan event fashion yang menampilkan koleksi batik dari dua anchor tenant Discovery Shopping Mall yakni Sogo Departement Store dan Centro Departement Store.

Juga dipamerkan karya desainer ternama asal Bali seperti Sintha Chrisna, Monika Weber, Dian Retma dan Batik Agung Wibowo. Acara ini dibuka dengan penampilan karya Inggi Kendran, desainer muda asal Bali yang mendunia melalui kostum tema karnaval.

BACA JUGA: Ditemani Koster, Jokowi Nikmati Karnaval Budaya Bali

Juga hadir 10 finalis Puteri Indonesia 2018 yang memperagakan karya-karya desainer. Pada acara ini ada diskon sebesar 70 persen hingga program belanja berhadiah souvenir khas Indonesia.

“Target kunjungan penambahan seribu pengunjung. Untuk transaksi per hari kami target Rp200 juta,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra mendukung penuh kegiatan ini.

BACA JUGA: Arus Deras Selat Bali Hempaskan KMP Nusa Dua

Menurutnya, event ini, di mana department store dan mall menggelar event bersama-sama mirip dengan apa yang dilakukan oleh Singapura.

Event ini bisa menyaingi Singapura. Mereka juga buat hal seperti ini. Mreka mengajak semua mall buat kegiatan ini, ada kegiatan culture dan culinary,” papar dia.

Katanya, event ini merupakan terobosan untuk memperkenalkan makanan tradisional Indonesia yang amat kaya. “Ini terobosan memperkenalkan traditional food kita dari berbagai daerah di Kuta,” imbuhnya. (ban)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top