Bisnis

Bali dan Afrika Selatan Jajaki Kerja Sama

GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI BERTEMU DELEGASI AFRIKA SELATAN (IST)

Kabarbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster beserta Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima kunjungan delegasi Afrika Selatan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Kabinet Provinsi Western Cape, Afrika Selatan, Ivan Meyer di ruang Praja Sabha, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin 15 Oktober 2018.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Koster sangat mengapresiasi kehadiran rombongan ke kantor Gubernur Bali. Melalui pertemuan itu, ia berharap terjalin kerja sama antara Pemerintah Indonesia, khususnya Pemprov Bali dengan Pemerintah Afrika Selatan, khususnya Provinsi Western Cape.

BACA JUGA: Dana BKK Badung Tak Cair, Warga Nusa Penida Geruduk Suwirta

“Ada beberapa peluang kerja sama yang bisa kita kembangkan seperti bidang pariwisata, perdagangan, pertanian, kesehatan dan pendidikan,” ujarnya dalam pertemuan yang juga dihadiri Sekda Prov. Bali I Dewa Made Indra, beserta sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Bali.

Lebih lanjut Koster mengatakan, sampai saat ini kunjungan wisatawan dari Afrika Selatan ke Bali masih relatif kecil, sehingga melalui pola kerja sama ini ia berharap kunjungan wisatawan bisa lebih ditingkatkan.

BACA JUGA: Prabowo ‘Gerilya Politik’ di Bali, Ini Agendanya

Selain itu, Koster juga menjelaskan tentang potensi Bali. Menurutnya, selain pertanian dan kebudayaan, Bali juga memiliki masyarakat yang sangat kreatif, sehingga bisa menghasilkan produk-produk kesenian berkelas dan dinikmati oleh masyarakat dunia.

Melalui pertemuan ini, ia berharap Menteri Keuangan bisa membuka pintu kerja sama agar barang-barang kerajinan Bali bisa menembus pasar Afrika Selatan.

BACA JUGA: Puspa Negara: Tertibkan Praktik ‘Jual Beli Kepala Murah’

Bidang lain yang dikebut Pemprov Bali saat ini adalah pembangunan dan pengembangan infrastruktur. Sehingga, orang nomor satu di Bali ini berharap ke depan bisa terjalin kerja sama untuk melancarkan program tersebut.

Tak lupa ia mengajak para delegasi untuk menghabiskan waktunya di Bali setelah masa-masa rapat tahunan IMF-World Bank yang melelahkan minggu lalu.

BACA JUGA: Apresiasi Jokowi, Togar Siap Kawal Laporan Dugaan Korupsi Oleh Publik

Sementara itu, Menteri Keuangan Ivan Meyer menyatakan apresiasi terbesarnya atas kesuksesan Indonesia terutama Bali sebagai tuan rumah even bergengsi IMF-World Bank 2018.

Menurutnya, ini tentu saja bukanlah pekerjaan mudah, namun karena kekuatan Indonesia semua dilalui dengan sangat baik. Lebih lanjut ia mengatakan, tujuannya ke Denpasar adalah untuk menjajaki kesempatan kerja sama dan mempererat hubungan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar.

BACA JUGA: Rai Wirajaya Sambut Baik Kesepakatan Global Soal Fintech

Adapun kerja sama yang akan dibangun adalah di bidang promosi perdagangan, investasi, pariwisata serta pertanian.

Ke depan, ia juga mengatakan ingin mengadakan pertemuan antara pelaku bisnis antar kedua negara, sehingga terjalin kerja sama yang lebih intens lagi di bidang bisnis.

BACA JUGA: 15 Ribu Peserta Akan Hadiri Temu Karya Nasional di GWK

Secara khusus, ia juga mengatakan memimpin delegasi Kota Mossel Bay sehubungan dengan rencana kerja sama dan penandatanganan Letter of Intent (Lol) sister city antara kota Denpasar dan Kota Mossel Bay.

Ia juga mengatakan, bahwa Bali sangat terkenal di antara warga Afrika Selatan. “Jika membicarakan tentang pariwisata, yang ada di benak, masyarakat kami adalah Bali dan Thailand,”tandasnya. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Populer

To Top